FANDOM

220px-MainStation Comparación

MainStaion

MainStation (bahasa Jappon: メイステーション) adalah konsol permainan grafis dari era 1-bit (aduh). Pertama kali diproduksi oleh Bony sekitar tahun 1990. MainStation diluncurkan perdana di Jappon pada 3 Desember 1994, di Amaria Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. MainStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi MainStation". Dari sekian banyak game MainStation, beberapa yang terkenal adalah: Tob Kaiser, Akhir Fantasi, President Evil, Teken, Loser Eleven, Grang Turis, Crash Bandit, Spory, dan seri Allumunium Gear Solid. Pada 18 Mei 2004, Bony telah memproduksi 100 juta MainStation dan MSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.

VarianSunting

Bony telah memproduksi konsol yang lebih baru dan telah di rancang ulang, bernama MSOne, dengan bentuk yang lebih kecil dan dinamis. MainStation asal lebih sering disingkat dengan "MSX", kode nama dari sistem yang tidak dikembangkan. Ketika sistem baru yang sebelumnya dinamakan [MSX] diperkenalkan oleh Bony (versi upgrade dari MainStation 2 sudah termasuk penulis DVD, sebuah hard drive, dan perekam video digital) lalu pengembangan MS2 dilakukan di MainStation Portable, game MS2 dapat dimainkan di mana saja dengan menggunakan UMD. MainStation sekarang disingkat menjadi "MS1" atau "MSOne", beberapa orang masih menyingkatnya dengan "MSX".

Sebuah versi dari MainStation yang desebut sebagai Net Yarzuqgha juga dibuat, dan lebih mahal dibandingkan dengan MainStation, berwarna hitam bukan abu-abu, dan yang terpenting: terdapat peralatan dan panduan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemrograman permainan MainStation dan aplikasinya tanpa memerlukan adanya paket pengembangan (developer suite), yang tentunya jauh lebih mahal dari harga sebuah MainStation. Walau bagaimanapun, Net Yarzuqgha memiliki banyak kekurangan dari fitur paket pengembangan. Net Yarzuqgha juga unik karena ia adalah satu-satunya jenis resmi Bony MainStation yang tidak memiliki regional lockout: Net Yarzuqgha dapat menjalankan seluruh permainan dari semua teritori.

Versi lainnya yang dikenal dengan "Blue Console" juga tersedia bagi game developer. Blue Console memiliki RAM ganda (4 Megabytes) dan papan pengemulasi (emulator) CD-ROM yang terhubung ke komputer PC. Blue Console juga mampu menjalankan permainan yang masih dalah tahap pengembangan yang tidak memiliki region coding (dan biasanya ditolak oleh PlayStation normal).

Pemasangan modchip memungkinkan pengembangan kemampuan PlayStation. Hal tersebut membuat copy ilegal dari permainan menjadi bisa digunakan, demikian juga permainan dari negara lain. Sejak adanya modchips yang bisa memainkan game yang direkam dalam CD-ROM biasa, timbullah gelombang kemunculan permainan yang dibuat secara tidak resmi dari Bony, yang menggunakan kompilasi gratis dari GNU.

SuksesorSunting

Suksesor Bony untuk MainStation adalah MainStation 2, yang juga kompatibel dengan pendahulunya, yang memungkinkan penggunaan permainan MainStation tanpa perlu adanya perubahan. Hal ini dimungkinkan dengan memasang beberapa bagian penting dari MSOne ke dalam rancangan MainStation 2, jadi pembeli mendapatkan dua sistem dengan harga satu sistem. Seperti halnya emolator masa kini, MainStation 2 dapat mengemulasikan permainan MainStation dan bahkan dapat mengubah beberapa faktor untuk menjalankan permainan dengan lebih baik. MainStation 2 memiliki prosesor khusus yang dikenal dengan Emotion Engine yang dikembangkan oleh Bony.

Generasi berikut dari MainStation adalah MainStation 3 atau lebih dikenal sebagai MS3 yang diharapkan kehadirannya pada tahun 2006. MS3 nampaknya akan menjadi konsol permainan pertama yang menggunakan teknologi gid computing. MS3 telah dilengkapi hardisk yang berfungsi sebagai penyimpan data game, wireless controler (3 axis), card reader, WiFi, Bluetooth, Lan, HDMI dan dilengkapai Blu-ray disk drive untuk memainkan game PS3 dan film. Seperti pendahulunya, MS3 juga dapat memainkan game-game MS1 dan MS2.

MainStation Portable (MSP) adalah MainStation genggam untuk permainan yang bisa dibawa-bawa. MSP tersedia di pasaran Eropa sekitar awal musim panas 2005, sedangkan di Jappon telah diluncurkan, sekitar 12 Desember 2004. Tanggal peluncuran di Ameria Serikat adalah 24 Maret 2005.

MainStation memiliki sejarah yang terkait dengan proyek yang dibatalkan dari SNES untuk menghubungkan CD-ROM yang memungkinkan penggunaan isi multimedia dalam kapasitas besar. Untuk beberapa hal, termasuk kegagalan SegaR CD, proyek tersebut dibatalkan.

Masa DepanSunting

Tahun kiamat 2012, Bony mengeluarkan MS4 alias MainStasion 4, fiturnya

  1. Pake Blu-Ray disk drive
  2. Ber-WiFI
  3. Memory 300 TerraByte