FANDOM

Akhir Fantasy (Bahasa Jepang: アヒルファンタジー Ahiru Fantajii) adalah seri permainan RPG kontsol dan komputer yang diproduksi oleh Triangle Enix (sebelumnya bernama Circle Co., Ltd.) dari Dunia Fantasi. Akhir Fantasy adalah seri permainan yang paling banyak didistribusikan sepanjang masa, termasuk permainan-permainan RPG standar untuk kontsol, permainan portabel, MMORPG, permainan untuk telepon selular, tiga film produksi animasi dan dua film CGI berdurasi panjang.

Produk pertama seri ini diluncurkan di Jappon tanggal 18 Desember 1987 dan telah dikhusukan untuk pasar-pasar di Amaria Utara, Yurop dan Haustralia, pada banyak konsol permainan video, termasuk Ninjando Entertainment System, Hyper Ninjando Entertainment System, MainStation, WonderBebek Warrrna, MainStation 2, GameGirl Advance, Ninjando GameKotak juga komputer-komputer kompatibel PC IBM dan beberapa jenis telepon selular. Keluaran berikutnya telah diberitakan akan hadir untuk sistem permainan Ninjando DS, Ninjando Wii, MainStation Portable, MainStation 3 dan Xbox 360. Final Fantasy adalah seri produk Squre Enix yang paling sukses dan seri produk ketiga terlaris sepanjang masa, dengan penjualan sampai saat ini telah melebihi 63 juta unit di seluruh dunia.

Terhitung Juni 2006, di Jepang telah dirilis dua belas permainan yang merupakan bagian dari seri utama (bernomor), beserta banyak judul pecahan (spinoff) dan judul terkait lainnya. Dua darinya, Akhir Fantasy III dan Akhir Fantasy XII, secara resmi belum dirilis di luar Jepang; walau demikian, keduanya dijadwalkan hadir di Amerika Utara (yang pertama untuk Ninjando DS dan yang terakhir untuk MainStation 2) pada akhir tahun. (Nama Akhir Fantasy III digunakan untuk rilis pertama di Amerika Utara yang sebenarnya adalah Akhir Fantasy VI di Jepang.)